Pengaruh persepsi siswa mengenai lingkungan pendidikan di rumah terhadap prestasi belajar di kelas Va MIN Kalibalik Kec. Banyuputih Kab. Batang tahun pelajaran 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya fenomena yng terjadi di era modern ini. Kini banyk orang tua yang sibuk dengan dunianya mereka dan melupakan tangung jawab untuk selalu mendampingi perkembangan anak-anak mereka. Sehingga peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian tentang persepsi siswa mengenai lingkungan pendidikan di rumah. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan tentang bagaimana persepsis siswa mengenai lingkungan pendidikan yang ada di rumah? dan Apakah ada Pengaruh antara Persepsi Siswa Mengenai Lingkungan Pendidikan di Rumah terhadap Prestasi Belajar di Kelas V MIN Kalibalik, Kec. Banyuputih, Kab. Batang Tahun Pelajaran 2015/2016 ? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V.a MIN Kalibalik, Kec. Banyuputih, Kab. Batang Tahun Pelajaran 2015/2016 . Data yang dikumpulkan dengan metode angket dan dokumentasi. Angket / koesioner digunakan untuk memperoleh data tentang persepsis siswa mengenai lingkungan pendidikan yang ada di rumah, dan dokumentasi dilakukan untuk memperoleh data tentang hasil prestasi siswa kelas V.a semester I Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian mengenai pengaruh persepsi siswa mengenai lingkungan pendidikan di rumah terhadap prestasi belajar di kelas V MIN Kalibalik tahun Pelajaran 2016/2016, memiliki dua variabel 1.variabel X (persepsi siswa mengenai lingkungan pendidikan di rumah) nilai mean sebesar 55 dengan standar deviasi sebesar 4,53. 2.variabel Y (hasil presasi belajar di kelas V MIN Kalibalik tahun pelajaran 2015/2016) nilai mean dari prestasi belajar adalah 77. ix Hasil uji keberartian koefisien korelasi diperoleh nilai Harga ini dikonsultasikan , sehingga . Karena , maka ditolak. Ini berarti koefisien korelasi antara variabel X dan variabel Y signifikan. Sedangkan, hasil perhitungan koefisien deterinasi diperoleh nilai . Ini berarti pengaruh persepsi siswa mengenai lingkungan pendidikan di rumah terhadap prestasi belajar dikelas Va MIN Kalibalik tahun pelajaran 2015/2016 sebesar 39,31% . Sisanya sebesar 60,69% dipengaruhi oleh faktor yang lain. Berdasarkan perhitungan diatas antara pengaruh persepsi siswa mengenai lingkungan pendidikan di rumah terhadap prestasi belajar dikelas Va MIN Kalibalik tahun pelajaran 2015/2016, dapat dilihat bahwa persepsi siswa mengenai lingkungan pendidikan di rumah memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar dikelas Va MIN Kalibalik tahun pelajaran 2015/2016 yaitu 39,31%.