ctrlnum 6741
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6741/</relation><title>Implementasi pendidikan karakter di MIN Sumurrejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang</title><creator>Irfan, Muhammad</creator><subject>155 Differential and developmental psychology</subject><subject>297.77 Islamic religious education</subject><description>Skripsi ini membahas pelaksanaan pendidikan karakter di MIN Sumurrejo Gunungpati Semarang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan dan pembinaan karakter. Dikarenakan melihat dekadensi moral, seperti penyimpangan yang jauh dari karakter mulia. Pendidikan karakter merupakan fondasi awal untuk menanamkan karakter kepada peserta didik agar menjadi generasi yang berakhlak mulia. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: &#x201C;Bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter MIN Sumurrejo Gunungpati Semarang?&#x201D;. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan MIN Sumurrejo Gunungpati Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan yang data-datanya berupa kata-kata dan gambar, bukan berupa angka atau data statistik. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.&#xD; Penelitian ini menunjukkan, bahwa pelaksanaan pendidikan karakter MIN Sumurrejo Gunungpati Semarang dilakukan dengan cara mengintegrasikan nilai-nilai karakter kedalam program-program Madrasah. Penerapannya sendiri dilaksanakan dengan menggunakan metode reward and punishment, metode motivasi, metode pembiasaan, dan metode keteladanan kepada peserta didik. Sedangkan proses pendidikan karakter MIN Sumurrejo dilaksanakan melalui program harian, program integratif, program ekstrakurikuler, program pembiasaan, dan program tahunan.&#xD; Hasil dari penelitian ini ditunjukkan dengan perubahan sikap dan perilaku peserta didik ke arah yang lebih baik dengan mencerminkan nilai-nilai karakter mulia, seperti: religius, jujur, toleransi, disiplin, cinta tanah air, bersahabat/komunikatif, peduli lingkungan, dan tanggungjawab.&#xD; vi&#xD; Selanjutnya penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi bagi lembaga pendidikan khususnya MIN Sumurrejo Semarang, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.</description><date>2016-12-14</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6741/1/COVER%20DLL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6741/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6741/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6741/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6741/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6741/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6741/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6741/8/LAMPIRAN%20LENGKAP.pdf</identifier><identifier> Irfan, Muhammad (2016) Implementasi pendidikan karakter di MIN Sumurrejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>6741</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Irfan, Muhammad
title Implementasi pendidikan karakter di MIN Sumurrejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang
publishDate 2016
topic 155 Differential and developmental psychology
297.77 Islamic religious education
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6741/1/COVER%20DLL.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6741/2/BAB%20I.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6741/3/BAB%20II.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6741/4/BAB%20III.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6741/5/BAB%20IV.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6741/6/BAB%20V.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6741/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6741/8/LAMPIRAN%20LENGKAP.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6741/
contents Skripsi ini membahas pelaksanaan pendidikan karakter di MIN Sumurrejo Gunungpati Semarang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan dan pembinaan karakter. Dikarenakan melihat dekadensi moral, seperti penyimpangan yang jauh dari karakter mulia. Pendidikan karakter merupakan fondasi awal untuk menanamkan karakter kepada peserta didik agar menjadi generasi yang berakhlak mulia. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: “Bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter MIN Sumurrejo Gunungpati Semarang?”. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan MIN Sumurrejo Gunungpati Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan yang data-datanya berupa kata-kata dan gambar, bukan berupa angka atau data statistik. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penelitian ini menunjukkan, bahwa pelaksanaan pendidikan karakter MIN Sumurrejo Gunungpati Semarang dilakukan dengan cara mengintegrasikan nilai-nilai karakter kedalam program-program Madrasah. Penerapannya sendiri dilaksanakan dengan menggunakan metode reward and punishment, metode motivasi, metode pembiasaan, dan metode keteladanan kepada peserta didik. Sedangkan proses pendidikan karakter MIN Sumurrejo dilaksanakan melalui program harian, program integratif, program ekstrakurikuler, program pembiasaan, dan program tahunan. Hasil dari penelitian ini ditunjukkan dengan perubahan sikap dan perilaku peserta didik ke arah yang lebih baik dengan mencerminkan nilai-nilai karakter mulia, seperti: religius, jujur, toleransi, disiplin, cinta tanah air, bersahabat/komunikatif, peduli lingkungan, dan tanggungjawab. vi Selanjutnya penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi bagi lembaga pendidikan khususnya MIN Sumurrejo Semarang, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.
id IOS2754.6741
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2017-07-10T07:19:35Z
last_indexed 2022-09-12T06:34:27Z
recordtype dc
_version_ 1765821507707076608
score 17.538404