Peningkatan kemampuan sholat fardlu siswa dengan metode demontrasi di kelas VII SMP Ma’arif Kyai Gading Mranggen Demak
Daftar Isi:
- Dari permasalahan metode pendidikan, maka peneliti menemukan beberapa masalah yang perlu digali. Diantaranya mengenai penerapan metode demontrasi dan bagaimana meningkatkan pembelajaran dengan metode demontrasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode demontrasi pada pembelajaran Fiqih materi Salat Fardlu dapat meningkatkan kemampuan shalat fardlu siswa kelasVII SMP Ma’arif Kyai Gading Mranggen Demak tahunpelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Ma’arif Kyai Gading Mranggen Demak, Sedangkan sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode demontrasi dapat meningkatkan kemampuan Salat Fardlu siswa kelas VII padamateri Fiqih. Pada tahap prasiklus nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik masih 57,9 dengan ketuntasan klasikal 32%, pada siklus I meningkat menjadi 67,9 dengan ketuntasan klasikal sebesar 63%, pada siklus II nilai rata-rata lebih meningkat menjadi 76,3 dengan ketuntasan klasikal sebesar 89,47%