Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Nasima Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, penelitian ini dilaksanakan di SD Nasima Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru dengan jumlah 40. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empirik di lapangan apakah ada pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Nasima Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode angket. Berdasarkan hasil perhitungan uji coba instrument supervisi kepala sekolah diketahui bahwa dari 20 item pernyataan, terdapat 13 item valid, sedangkan yang tidak valid sebanyak 7 item, adapun instrumen angket kinerja guru yang valid 15 item dan yang tidak valid 5. Dalam menganalisis data penelitian menggunakan analisis regresi satu prediktor. Supervisi kepala sekolah di SD Nasima Semarang mempunyai rata-rata yaitu = 72,5 dan simpangan baku yaitu S = 9,0128 dan termasuk dalam kategori cukup termasuk dalam kategori cukup, yaitu berada pada interval nilai 68 – 77. Dalam uji hipotesis persamaan regresi Ŷ = 52,008 + 0.3705X dan hasil varians garis regresi Fhitung = 25,3352> Ftabel ( 0,05 ; 1, 38) = 4, 10 berarti signifikan dan Fhitung = 25,3352> Ftabel ( 0,01 ; 1, 38) = 7, 35 berarti signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dari pengajuan hipotesis terbukti bahwa variabel supervisi kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di SD Nasima Semarang.