Pengaruh persepsi siswa tentang pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap perilaku birrul walidain siswa SMP N 1 Kedung Jepara
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas pengaruh persepsi siswa tentang pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap perilaku birrul walidain siswa SMP N 1 Kedung Jepara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) Bagaimanakah Persepsi Siswa Tentang Pembelajaran PAI di SMP N 1 Kedung Jepara? (2) Bagaimanakah Perilaku Birrul Walidain Siswa SMP N 1 Kedung Jepara? (3) Adakah Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Perilaku Birrul Walidain Siswa SMP N 1 Kedung Jepara?. Penelitian ini termasuk field research atau penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian kuantitatif menekankan analisisnya pada data-data numerikal (angka) yang dianalisis dengan metode statistik. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Kedung Jepara yang berjumlah 216 siswa, kemudian diambil sampel sebanyak 43 responden dengan teknik pengambilan sampel secara acak (random sampling). Dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (Angket) dalam pengumpulan datanya. Angket digunakan untuk memperoleh data mengenai persepsi siswa tentang pembelajaran PAI dan juga perilaku birrul walidain siswa. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan hipotesisnya diuji menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang pembelajaran PAI di SMP N 1 Kedung termasuk dalam kategori “baik”. Hal ini dapat dilihat dalam perhitungan diperoleh rata-rata (mean) sebesar 42,14, yang berada pada interval antara 41-44. Sedangkan hasil penelitian tentang perilaku birrul walidain siswa SMP N 1 Kedung juga termasuk kedalam kategori “baik”. Hal ini ditunjukkan oleh hasil rata-rata (mean) sebesar 62,44, yang berada pada interval 55-66. Untuk mengetahui signifikansi pengaruh persepsi siswa tentang pembelajaran PAI terhadap perilaku birrul walidain siswa SMP N 1 Kedung adalah dengan membandingkan harga Freg dengan Ftabel. Jika Freg > Ftabel maka Ho ditolak (signifikan), akan tetapi jika Freg < Ftabel maka Ho diterima (tidak signifikan). Selanjutnya berdasarkan data diperoleh Freg sebesar 6,372, dan taraf signifikansi 5% adalah 4,07. Jika dibandingkan Freg dengan Ftabel maka Freg = 6,372 > Ftabel = 4,07. Dengan demikian dapat diartikan bahwa variabel persepsi siswa tentang pembelajaran PAI mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku birrul walidain siswa SMP N 1 Kedung Jepara.