Studi korelasi antara pemahaman nilai-nilai pendidikan Islam dengan perilaku sosial siswa kelas VIII SMP N 18 Semarang tahun ajaran 2015/2016
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahasStudi Korelasi Antara Pemahaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam dengan Perilaku Sosial Siswa Kelas VIII SMP N 18 Semarang Tahun Ajaran 2015/2016.Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain: (1) Bagaimana Pemahaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam SiswaKelas VIII SMP N 18 Semarang? (2) Bagaimana Perilaku Sosial SiswaKelas VIII SMP N 18 Semarang? (3) Apakah terdapat Korelasi Antara Pemahaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam dengan Perilaku Sosial SiswaKelas VIII SMP N 18 Semarang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pemahaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam siswa kelas VIII SMP N 18 Semarang.(2) Perilaku Sosial SiswaKelas VIII SMP N 18 Semarang. (3) Adakah Korelasi Antara Pemahaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam dengan Perilaku Sosial SiswaKelas VIII SMP N 18 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research. Penelitian inimerupakan penelitian sampel karena responden yang berjumlah 51 siswa diambil dari 20% dari jumlah populasinya yaitu 256 siswa. Pengumpulan datadilakukan dengan menggunakan tes untuk memperoleh data variabel X yaitu Pemahaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam dan menggunakan angket untuk memperoleh data Variabel Y yaitu Perilaku SosialSiswa. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistic deskriptif, pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi product moment. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pemahaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Siswa Kelas VIII SMP N 18 Semarang tahun Ajaran 2015/2016 dalam kategori cukup baik. Hal ini dapat di lihat dari hasil analisis yang menunjukan nilai mean 86,47 yaitu berada pada interval 80-84. 2. Perilaku Sosial Siswa Kelas VIII SMP N 18 Semarang tahun Ajaran 2015/2016 dalam kategori cukup, Hal ini dapat di lihat dari hasil analisis yang menunjukan nilai mean 64,84yaitu berada pada interval 80 - 84. 3. Terdapat hubungan yang positif antara Pemahaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam dengan Perilaku Sosial SiswaKelas VIII SMP N 18 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan, terbukti dari besarnya koefisien korelasi sebesar 0,719 dengan pengujian menggunakan uji t diperoleh thitung = 7,23 >ttabel = 2,00. Dengan demikian hasilnya dinyatakan signifikan dan hipotesis yang diajukan Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan melihat hasil penelitian, diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan rujukan bagi semua pihak terutama bagi guru dan orang tua wali siswa, untuk lebih meningkatkan perhatian, pengawasan dan bimbingan terhadap siswa-siswi di SMP N 18 Semarang.