Pengaruh pemahaman mata pelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku prososial siswa kelas III MI Muhammadiyah Sarirejo Kaliwungu Kendal tahun 2015/2016
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang pemahaman mata pelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku prososial. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Adakah pengaruh pemahaman mata pelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku prososial peserta didik kelas III MI Muhammadiyah Sarirejo Tahun Pelajaran 2015/2016? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di MI Muhammadiyah Sarirejo . Penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif, dengan variabel bebas pemahaman mata pelajaran aqidah akhlak sedangkan variabel terikatnya adalah perilaku prososial. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket, tes dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memeroleh data pemahaman mata pelajaran aqidah akhlak sedangkan angket digunakan untuk memperoleh data perilaku prososial. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik menggunakan rumus regresi. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Pemahaman mata pelajaran aqidah akhlak di MI Muhammadiyah Sarirejo berada dalam kategori “Baik”. Hal ini terlihat dari rata-rata pemahaman mata pelajaran aqidah akhlak di MI Muhammadiyah Sarirejo yaitu 80,2 yang berada pada interval 76 - 93 dengan jumlah 26 peserta didik. (2) Perilaku prososial peserta didik kelas III MI Muhammadiyah Sarirejo berada dalam kategori “Cukup”. Hal ini terlihat dari rata-rata Perilaku prososial peserta didik kelas III MI Muhammadiyah Sarirejo yaitu 90,9 yang berada pada interval 86-95 dengan jumlah 23 peserta didik. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel pemahaman mata pelajaran aqidah akhlak (X) terhadap perilaku prososial (Y) sebesar 0,371 atau 13,8%. Dibuktikan dengan persamaan Y=58,5066+0,4038X dan hasil varian regresi Fhitung = 26,34 > Ftabel {(0,95)(1, 51)} = 4,03 berarti signifikan sehingga hipotesis diterima.