Daftar Isi:
  • Berdasarkan penelitian disini data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Dan uji keabsahan data mengunakan triagulasi data. Analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis deskriptif yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian penelitian ini menunjukkan bahwa pembinaan nilai karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler khitobah di MTs Al-Khoiriyyah Semarang adalah dengan cara pembiasaan, ceramah, dan reward and punishment, penugasan dan keteladanan. Pembiasaan, peserta didik dibina pada setiap hari minggu yaitu pada saat kegiatan ekstrakurikuler khitobah untuk disiplin waktu dan peraturan, membaca doa, saling bertegur sapa, mengucapkan salam, bertutur kata dengan sopan dan shalat jama’ah. Ceramah yang pembina khitobah berikan yaitu memberi motivasi, memberi ajaran dan nasihat serta memberi penjelasan akan pentingnya nilai-nilai yang terkandung pada khitobah yang telah disampaikan. Reward and punishment, hukuman/sanksi bagi peserta didik yang melanggar peraturan, mereka akan diberi teguran secara langsung, membuat naskah pidato dan tampil dua kali dalam dua pertemuan. Penugasan yang pembina khitobah berikan kepada peserta didik yaitu tugas membuat materi atau tema, dan tugas kelompok dalam melaksanakan kegiatan khitobah. Keteladanan yang baik yang dicerminkan oleh pembina meliputi: disiplin waktu, berpakaian rapi, saling menghormati antara guru dengan murid, bertutur kata dengan sopan santun, menghormati guru dan teman sesama, mengajarkan tepat waktu dan tertib dalam beribadah, melaksanakan shalat jama’ah, dan lain-lain. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan di dalam kegiatan ekstrakurikuler khitobah di MTs Al-Khoiriyyah Semarang meliputi religius, jujur, tanggung jawab, percaya diri, disiplin dan kreatif.