Efektivitas metode kauny quantum memory terhadap hafalan Al-Qur’an siswa kelas VII MTs Al-Khoiriyah Semarang tahun 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian yang dilakukanpenulis termasuk penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Untuk menguji hipotesis peneliti, dilakukan analisis statistik. Subyek penelitian sebanyak 50 responden, yang diambil dari siswa MTS Al-Khoiriyah Semarang kelas VII A dan kelas VII B tahun ajaran 2015/2016 , yang cara pengambilannya menggunakan teknik populasi, yaitu cara pengambilan/pemilihan data dengan meneliti semua elemen yang ada dalam wilayah penelitian. Populasi dalam penelitian ini diambil 50 dari semua jumlah siswa. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hafalan Al-Qur’an pada mapel Al-Qur’an Hadis dan dokumentasi. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t. Hal ini dibuktikan dengan uji t dengan hasil = 2,720 danpada α = 5 % dk= (25 + 25– 2) = 48 didapat t tabel = 2,011 yang menunjukkan bahwa > , sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, ini berarti metode Kauny Quantum Memory efektif ketika digunakan dalam proses pembelajaran (hafalan), ini terlihat bahwa hasil belajar kedua kelompok tersebut berbeda secara signifikan dan nyata.