Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan: pertama,bagaimana tingkat pemahaman fikih peserta didik MAN 02 Semarang tahun Ajaran 2016/2017. kedua,bagaimanakah tingkat kedisiplinan shalat lima waktu peserta didik MAN 02 Semarang. Ketiga, seberapa besar pengaruh pemahaman fikih terhadap kedisiplinan shalat lima waktu peserta didik MAN 02 Semarang tahun ajaran 2016/2017. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui tingkat pemahaman fikih peserta didik MAN 02 Semarang. 2) Untuk mengetahui tingkat kedisiplinan shalat lima waktu peserta didik MAN 02 Semarang. 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemahaman fikih terhadap kedisiplinan shalat lima waktu peserta didik MAN 02 Semarang. Penelitian yang dilakukan penulis termasuk penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Untuk menguji hipotesis peneliti, dilakukan analisis statistik dengan analisis regresi. Subyek penelitian sebanyak 278 responden yang diambil dari siswa MAN 02 Semarang tahun ajaran 2016/2017. Cara pengambilannya menggunakan teknik random sampling, yaitu cara pengambilan/pemilihan sampel dimana setiap individu dalam populasi mempunyai peluang yang sama untuk dijadikan sampel. Sampel dalam penelitian ini diambil 278 dari jumlah populasi 999 siswa. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes untuk memperoleh data hasil pemahaman fikih peserta didik MAN 02 Semarang dan angket untuk memperoleh data hasil kedisiplinan shalat lima waktu peserta didik MAN 02 Semarang, teknik dokumentasi untuk mengetahui gambaran umum MAN 02 Semarang dan memperoleh data daftar jumlah siswa serta nama siswa MAN 02 Semarang dan lain-lain, dan teknik wawancara untuk melengkapi data-data yang telah terkumpul dengan angket dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pemahaman Fikih Peserta didik MAN 02 Semarang tentang shalat (X) dikategorikan cukup, yang ditunjukkan dengan nilai rat-rata sebesar 69,37 berada pada interval 67 - 77. 2) Tingkat kedisiplinan Peserta didik MAN 02 Semarang dalam menjalankan ibadah shalat lima waktu (Y) dikategorikan cukup, mempunyai nilai rata-rata sebesar 63,26 berada pada interval 68 - 75. 3) Pemahaman Fikih Peserta didik MAN 02 Semarang (X) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan shalat lima waktu (Y) ditunjukkan dengan: a) Persamaan regresi Y ̂= 60,748 + 0,18X. b) Freg sebesar 27,942. c) R Squere sebesar 0.092 artinya sumbangan yang diberikan variabel pemahaman fikih (X) terhadap variabel kedisiplinan shalat lima waktu (Y) sebesar 9,2% yaitu bentuk pemahaman fikih. Sedangkan 90,8% lainnya diduga oleh faktor lain yang tidak diteliti, sepertipembiasaan dari orang tua, suri tauladan, pengalaman, lingkungan sekitar, dan sebagainya.