Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Karakter Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Limbangan Tahun 2011/2012
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Karakter Peserta Didik kelas X SMA Negeri 1 Limbangan tahun 2011/2012, dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana pembelajaran pendidikan agama Islam kelas X SMA Negeri 1 Limbangan (X)? 2) bagaimana karakter peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Limbangan (Y)? 3) adakah pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap karakter peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Limbangan tahun 2011/2012? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X SMA Negeri 1 Limbangan, mengetahui karakter peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Limbangan dan mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap karakter peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Limbangan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi dengan teknik analisis regresi. Sedangkan teknik analisis regresi yang digunakan adalah teknik analisis regresi satu prediktor dengan skor deviasi. Teknik ini digunakan untuk memperoleh informasi mengenai taraf hubungan yang terjadi antara variabel (ubahan) kriterium Y dan prediktor X. Populasi dalam penelitian ini yaitu sebesar 170 peserta didik dan dengan sampel sebanyak 34 peserta didik, di ambil dari 20% jumlah seluruh populasi. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, pembelajaran pendidikan agama Islam kelas X SMA Negeri 1 Limbangan termasuk dalam kategori cukup, dengan nilai rata-rata sebesar 54,970, yaitu berada pada interval 50-54. Adapun karakter peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Limbangan termasuk dalam kategori cukup baik, dengan nilai rata-rata 77,823, berada pada interval 72-77. Setelah melalui perhitungan statistik, dapat diketahui terdapat korelasi yang positif antara pembelajaran PAI (X) terhadap karakter peserta didik kelas X (Y) pada SMA N 1 Limbangan. Hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi > rt ,baik pada taraf signifikansi 5% dengan jumlah sebanyak 34, diketahui rt= 0,339 dan pada taraf signifikansi 1%, diketahui rt= 0,436. Dengan demikian dapat diketahui bahwa rxy 0,663 > rtabel 5% = 0,339, ini berarti signifikan. Sementara dari perhitungan Freg = 25,099 > Ftabel 5% = 4,13 dan Freg = 25,099 > Ftabel 1% = 7,44. Dengan Freg > Ftabel 5% dan 1% berarti signifikan. Dengan demikian dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran PAI terhadap karakter peserta didik kelas X SMA N 1 Limbangan.