Analisis seleksi karyawan bagian marketing di KSPPS BMT El Amanah Kendal dalam perspektif ekonomi Islam
Daftar Isi:
- Karyawan atau sumber daya manusia merupakan satu-satunya aset perusahaan yang bernapas atau hidup disamping aset-aset lain yang tidak bernapas atau bersifat kebendaan seperti modal, bangunan gedung, mesin, peralatan kantor, persediaan barang, dan lain sebagainya. Maka di dalam suatu perusahaan selalu mempunyai perencanaan sumber daya manusia agar perusahaan tersebut nantinya dapat berjalan dengan baik, hal ini dikarenakan kualitas karyawan di suatu perusahaan itu sangat penting, yang termasuk dalam perencanaan yaitu diantaranya dalam hal seleksi karyawan. Kesuksesan pemasaran (marketing) sangat tergantung pada SDM yang dimiliki. Dengan melihat berbagai peran penting sumber daya manusia dalam perusahaan tentunya manajemen tidak dapat lagi memandang sumber daya ini hanya dengan sebelah mata. Kelalaian dalam perencanaan, pengembangan, pelaksanaan, serta pengawasan terhadap SDM yang dimiliki akan merugikan perusahaan. Maka di dalam suatu perusahaan selalu mempunyai perencanaan sumber daya manusia agar perusahaan tersebut nantinya dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan seleksi bagian marketing yang ada di KSPPS BMT EL Amanah Kendal, dan mengetahui pelaksanaan seleksi bagian marketing di KSPPS BMT EL Amanah Kendal dalam perspektif ekonomi Islam. Data diperoleh dengan cara wawancara mendalam, dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan kualitatif deskriptif analitik yang diperoleh dari hasil wawancara, analisis dokumen, disusun peneliti tidak dituangkan dalam bentuk angka-angka. Melainkan data tersebut dideskripsikan menurut suatu peristiwa, kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan seleksi karyawan bagian marketing di KSPPS BMT EL Amanah Kendal menggunakan kriteria yaitu calon karyawan harus dapat membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik dan lancar, mempunyai akhlak yang baik, bersifat jujur, amanah, cerdas, profesional, dapat bekerja sama dalam satu team, dan mempunyai sifat yang mau berjuang. Hal ini dapat diperoleh dari hasil tes pengetahuan umum dan agama, serta hasil dari berbagai wawancara. Pelaksanaan seleksi karyawan bagian marketing KSPPS BMT EL Amanah Kendal belum sepenuhnya melakukan seleksi dengan perspektif ekonomi Islam. Karena belum adanya tahap rekomendasi syari’ah yang terdapat pada kriteria seleksi syari’ah. Tetapi, KSPPS BMT EL Amanah Kendal sudah melalui tiga tahapan yang terdapat dalam kriteria syari’ah yaitu seleksi administratif, seleksi pengetahuan umum dan agama, seleksi wawancara yang di dalamnya terdapat wawancara syari’ah. Selain itu KSPPS BMT EL Amanah Kendal juga menerapkan sifat Rasulullah SAW pada saat seleksi yaitu sifat siddiq, amanah, tabligh, fathanah, serta memilih calon karyawan berdasarkan keahliannya, hal ini juga sudah sesuai dalam Al-Qur’an dalam hal pemilihan karyawan.