Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kedisiplinan Guru dalam Mengajar dan Motivasi Belajar Siawa terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MAN Wonosobo
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa tentang kedisiplinan guru dalam mengajar, bagaimana motivasi belajar siswa, dan apakah terdapat pengaruh antara persepsi siswa tentang kedisiplinan guru dalam mengajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MAN Wonosobo Penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik analisis regresi. Sampel penelitian diambil dari peserta didik sejumlah 71 orang yaitu 25% dari populasi sebesar 304 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini terdapat tiga variabel, yaitu persepsi siswa tentang kedisiplinan guru dalam mengajar (X1), motivasi siswa dalam belajar (X2) sebagai variabel bebas atau independent, dan hasil belajar siswa (Y) sebagai variabel terikat atau dependent. Teknik pengumpulan data untuk variabel (X) menggunakan angket dan pengumpulan data variabel (Y) menggunakan nilai ulangan semester. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan metode dokumentasi. Angket dilakukan untuk memperoleh data tentang persepsi siswa tentang kedisiplinan guru dalam mengajar dan motivasi belajar biologi siswa. Dari uji anova didapatkan hasil untuk (X1) persepsi siswa tentang kedisiplinan guru ada taraf signifikan 5% dieroleh bahwa Freg = 117, 09 >Ftabel = 3, 99 dan ada taraf 1% Freg = 117,09 > Ftabel = 7,04.untuk uji regresi gandanya didapatkan nilai R Square sebesar 0, 62 atau 62 %, maka ini dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak artinya persepsi siswa tentang kedisiplinan guru (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa.Dari uji anava didapatkan hasil untuk (X2) motivasi belajar siswa ada taraf signifikan 5% dieroleh Freg = 180, 9 >Ftabel = 3, 99 dan ada taraf 1% dieroleh Freg = 180,9 > Ftabel = 7,04. Kemudian untuk uji regresi gandanya didapatkan nilai R Square sebesar 0, 72 atau 72 %, maka ini dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak artinya motivasi belajar siswa (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa.Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kedisiplinan guru dan motivasi siswa dalam belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN Wonosobo, sebesar sebesar 73% melalui persamaan regresi Ŷ= 25,173 + 0,135X1+0,612X2. Ada taraf signifikansi 5% Freg= 92,554 > Ftabel = 3,14 sedang ada taraf signifikan 1% dieroleh Freg = 92,554 > Ftabel = 4,95. Hasil akhir dari penelitian ini adalah penolakan Ho pada hipotesis penelitian sehingga Ha diterima yaitu, terdapat pengaruh persepsi siswa tentang kedisiplinan guru dalam mengajar dan motivasi belajar biologi siswa terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MAN Wonosobo. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan akan menjadi bahan informasi dan rumusan bagi para akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan program study di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang terutama dalam memberi dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan motivasi dan hasil belajar agar lebih memadai.