Daftar Isi:
  • Kewirausahaan adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses. Dewasa ini, wanita pun banyak yang tergerak untuk membuat berbagai macam usaha yang dapat dijadikan tumpuan hidup. Kewirausahaan dilatar belakangi oleh faktor minat, lingkungan keluarga, modal dan teknologi. Minat merupakan sumber motivasi yang mendorong seseorang untuk melakukan hal yang diimpikan. Selanjutnya, pengalaman usaha dari keluarga akan memberikan pengalaman secara tidak langsung kepada seseorang untuk memiliki minat berwirausaha Sumber modal merupakan hal yang utama bagi seorang wirausaha, wanita yang menjalankan usaha biasanya lebih sulit dalam mendapatkan sumber pendanaan awal atau modal awal, sehingga lebih mengandalkan aset atau tabungan pribadi Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat, lingkungan keluarga, modal dan teknologi terhadap keputusan wanita muslim berwirausaha. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wanita muslim yang berwirausaha di Desa Batursari dengan teknik pengambilan sampel probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 44 responden. Teknik analisa dalam penelitian ini menggunakan teknik analisa regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa Minat (X1), lingkungan keluarga (X2), modal (X3) dan teknologi (X4) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan wanita muslim berwirausaha. Koefisien regresi variabel minat (X1) terhadap keputusan wanita muslim berwirausaha (Y) sebesar 0,436, lingkungan keluarga (X2) sebesar 0,218, modal (X3) sebesar 0,146 dan variabel teknologi (X4) adalah 0,131 dengan konstanta sebesar 6,390 dan standar error sebesar 1,835. Dengan dapat disimpulkan bahwa semakin besarnya minat, lingkungan keluarga, modal dan teknologi maka keputusan wanita muslim berwirausaha juga akan semakin meningkat. Variabel minat (X1) memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap keputusan wanita muslim berwirausaha. Dengan hasil uji T t hitung > t tabel dan sig. < 0,05,Variabel lingkungan keluarga (X2) memiliki pengaruh yang positif namun tidak signifikan terhadap keputusan wanita muslim berwirausaha. Dengan hasil uji T t hitung > t tabel namun sig > 0,05,Variabel modal (X3) memiliki pengaruh yang positif namun tidak signifikan terhadap keputusan wanita muslim berwirausaha. Dengan hasil uji T t hitung > t tabel namun sig > 0,05,Variabel teknologi (X4) memiliki pengaruh yang positif namun tidak signifikan terhadap keputusan wanita muslim berwirausaha. Dengan hasil uji T t hitung > t tabel namun sig > 0,05,Variabel minat (X1), lingkungan keluarga (X2), modal (X3) dan teknologi (X4) secara bersama berpengaruh signifikan terhadap keputusan wanita muslim berwirausaha. Dengan hasil uji F f hitung > f tabel dan sig. < 0,05.