Daftar Isi:
  • Dengan adanya fitur-fitur terbaru bisa membuat konsumen itu terperangah dan kagum dengan fitur-fitur yang ada di dalam handphone android, sehingga nantinya konsumen ada keinginan untuk membeli handphone tersebut karena di dalamnya terdapat aplikasi-aplikasi terbaru yang bisa memudahkan seseorang dalam berkomunikasi. Aplikasi yang tersedia didalamnya bisa mempermudah mereka dalam berkomunikasi dengan orang lain sehingga sebagian santri tersebut mempunyai keinginan untuk memilikinya. Dengan perilaku tersebut bisa mempengaruhi seorang santri dalam melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kebutuhan IT (Teknologi Informasi) berpengaruh terhadap keputusan membeli handphone android di lingkungan Pondok Pesantren Putri Al-Ma’rufiyyah Beringin Ngaliyan Semarang. Objek penelitian ini adalah para santri Pondok Pesantren Putri Al-Ma’rufiyyah yang menggunakan handphone android. Pengambilan data primer diperoleh dengan menyebarkan kuesioner terhadap 72 responden yang merupakan mahasiswi UIN Walisongo Semarang yang berada di Pondok Pesantren Putri Al-Ma’rufiyyah. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji t, uji koefisien determinasi (R2), dan dengan menggunakan uji regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil analisis regresi linier sederhana dalam penelitian ini adalah Ŷ= 1,552+0,448X. Berdasarkan hasil penelitian dalam koefisien regresi secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 7,873 dan nilai ttabel adalah 1,667 atau thitung > ttabel, sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel kebutuhan IT (X) terhadap variabel keputusan pembelian (Y). Sedangkan dalam koefisien determinasi (R2) diketahui nilai koefisien determinasi sebesar 0,470, hal ini mengasumsikan bahwa variasi perubahan variabel keputusan pembelian (Y) dipengaruhi oleh perubahan variabel bebas kebutuhan IT (X) yaitu sebesar 47%. Jadi besarnya pengaruh kebutuhan IT terhadap keputusan pembelian sebesar 47%, sedangkan sisanya sebesar 53% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Hal ini mengindikasikan bahwa variabel kebutuhan IT (X) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) handphone android di lingkungan Pondok Pesantren Putri Al-Ma’rufiyyah Beringin Ngaliyan Semarang dengan faktor yang mempengaruhi pembelian tersebut karena pengaruh dari lingkungan pondok yang mayoritas menggunakan handphone android (48,6%), terdapat banyak aplikasi di dalam handphone android (63,9%), mempermudah berkomunikasi dengan orang lain (55,6%), gengsi dengan teman sebaya (50%), ingin mengikuti zaman (43,1%), lebih percaya diri dalam bergaul (45,8%), dan karena adanya keinginan (44,4%).