Pengaruh advertising syariah dan nisbah bagi hasil terhadap keputusan nasabah menabung di PT. Bank BNI Syariah Cabang Semarang
Daftar Isi:
- Keputusan nasabah menabung di BNI Syariah dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari perilaku konsumen sampai pada nilai-nilai yang ditawarkan BNI Syariah kepada nasabahnya. Beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah untuk menabung di BNI Syariah tersebut diantaranya adalah faktor periklanannya atau advertising yang tentunya harus menggunakan prinsip-prinsip syariah dan nisbah bagi hasilnya. Karena nisbah bagi hasil adalah salah satu yang membedakan bank syariah dan bank konvensional. Fenomena inilah yang mendorong dilakukannya penelitian dengan judul “Pengaruh advertising syariah dan nisbah bagi hasil terhadap keputusan nasabah untuk menabung di Bank BNI Syariah cabang Semarang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh advertising syariah dan nisbah bagi hasil terhadap keputusan nasabah menabung di Bank BNI Syariah cabang Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah nasabah Bank BNI Syariah, pengambilan sampel dengan menggunakan rumus Slovin dan diperoleh sampel sebesar 88 orang. Metode dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan cara purposive sampling. Metode analisis datanya menggunakan regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesa, sedangkan pengolahan datanya menggunakan SPSS 16.00 for windows. Dari hasil uji t diketahui t hitung lebih besar yaitu 5.835 atau t hitung> t tabel (5.835 > 1,987) dengan tingkat signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, maka dapat diartikan advertising syariah berpengaruh positif dan secara parsial juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menabung. Sedangkan untuk variabel nisbah bagi hasil t hitung < t tabel (-0.667<1,987), dengan tingkat signifikansi 0,507 lebih besar dari 0,05, maka dapat diartikan nisbah bagi hasil tidak berpengaruh positif dan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menabung.