Peningkatkan prestasi belajar membaca Al-Qur’an dengan metode reading aloud materi surah Al-Qori’ah siswa kelas III di MI NU 60 Nolokerto tahun pelajaran 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar membaca Al-Qur’an siswa siswi materi surah Al-Qori’ah. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan, bagaimana penerapan metode reading aloud dapat meningkatkan prestasi belajar membaca Al-Qur’an materi surah al-qoria’ah Siswa kelas III di MI NU 60 Nolokerto Tahun Pelajaran 2015/2016. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian lapangan, yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas III MI NU 60 Nolokerto Kaliwungu Kendal yang berjumlah 26 siswa siswi. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, tes dan dokumentasi. Dari data yang digunakan penulis menunjukkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode reading aloud. Hasil analisis data secara deskriptif menunjukkan bahwa penerapan metode reading aloud dalam Pembelajaran Al-Qur-an Hadits pada Siswa kelas III di MI NU 60 Nolokerto Tahun Pelajaran 2015/2016 dilaksanakan dengan menggunakan 2 siklus.setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil analisis selanjutnya menjelaskan bahwa metode reading aloud dapat meningkatkan prestasi belajar siswa siswi dalam membaca Al-Qur’an. Hal ini dapat dibuktikan dengan setelah diadakan tindakan perbaikan dengan menggunakan metode reading aloud , hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata kelas sebelum dilakukan tindakan dan setelah pelaksanaan tindakan dengan hasil tes diakhir siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus dari 26 peserta didik yang tuntas hanya 10 peserta didik dan yang tidak tuntas 16 peserta didik, dan perolehan nilai rata-rata kelas adalah 67,5 pada tahap I yang tuntas 17 peserta didik dan yang tidak tuntas 9 peserta didik dan perolehan nilai rata-rata kelas adalah 71,92 dan pada siklus II setelah dilakukan refleksi pelaksanaan tindakan pada siklus II, terjadi peningkatan yaitu 24 peserta didik yang tuntas dan hamya 2 peserta didik yang tidak tuntas, perolehan nilai rata-rata kelas adalah 81,80. Dari data di atas dapat disimpulkan ada peningkatan prestasi belajar membaca Al-Qur’an setelah menggunakan metode reading aloud. Penelitian tersebut dapat menjadi acuan bagi pendidik dalam melakukan tugasnya sebagai agen pembelajaran untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil pembelajaran dan mutu pendidikam Islam.