Manajemen Kurikulum PAI dalam Mewujudkan Visi dan Misi di SMA Negeri 1 Kendal
Daftar Isi:
- Kurikulum yang berfungsi sebagai alat, usaha atau proses dalam mewujudkan visi dan misi pendidikan yang diinginkan oleh setiap sekolah melalui pelajaran Pendidikan Agama, dan PAI sebagai salah satu mata pelajaran mempunyai peranan yang sangat strategis dan signifikan dalam pembentukan moral, akhlak dan etika peserta didik. Namun kenyataannya masih terjadi kendala atau hambatan dalam proses belajar mengajar yang bisa mengakibatkan kegagalan dalam mewujudkan visi dan misi sekolah sebagaimana yang terjadi dewasa ini. Kegagalan PAI untuk membuat dan menciptakan peserta didik yang berkarakter atau berkepribadian Islami di kelas, yakni kelemahan guru agama Islam dalam mengemas dan mendesain serta membawakan mata pelajaran PAI kepada peserta didik, sehingga ini akan mengakibatkan tidak terwujudnya visi dan misi sekolah. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pengorganisasian kurikulum PAI dalam mewujudkan visi dan misi SMA Negeri 1 Kendal ? (2) Bagaimana implementasi manajemen kurikulum PAI dalam mewujudkan visi dan misi di SMA Negeri 1 Kendal ? Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Datanya diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Selanjutnya semua data dianalisis muali dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian di SMA Negeri 1 Kendal menunjukkan pertama pengorganisasian dengan cara menyusun RPP yang sesuai dengan visi dan misi sekolah serta pengorganisasian yang telah direncanakan dan dibuat sesuai dengan bagian guru masing-masing. Pembagian tugas mengajar dan membuat pedoman penyusunan jadwal pelajaran. Penyusunan jadwal ekstra kurikuler dan kegiatan lain yang mengarah kepada pembentukan keimanan dan ketakwaan, kepribadian dan ketrampilan, serta penyusunan jadwal koordinasi guru untuk memberikan informasi, koordinasi sekaligus evaluasi kepada para guru mengenai permasalahan yang perlu diselesaikan dalam kegiatan pembelajaran. Kedua Implementasi yang dilakukan melalui program keagamaan seperti: Seni Baca Al Qur’an, Baca Tulis Al Qur’an, Membaca Asmaul Khusna sebelum memulai pelajaran, Istighotsah, Salat dhuhur berjamaah yang dilaksanakan setiap hari, Penyembelihan hewan qurban, danPesantren Ramadhan, sehingga dalam pengembangannya kurikulum dapat mencapai visi dan misi SMA Negeri 1 Kendal yaitu Peningkatan Iman dan Taqwa (IMTAQ), kepada seluruh warga SMA 1 Kendal melalui pelajaran Pendidikan Agama, dan mata pelajaran lainnya serta berprestasi tinggi di Era Global. Kesimpulan penelitian ini bahwa manajemen kurikulum PAI sudah berjalan dengan baik dalam mewujudkan visi dan misi sekolah. Selain itu juga berkeinginan agar siswa dapat memperoleh ilmu pengetahuan baik umum dan juga ilmu pengetahuan agama dan memiliki nilai-nilai dasar Islam yang kuat. Saran penulis untuk sekolah perlu memperhatikan berbagai komponen pendukung pelaksanaan kurikulum PAI serta kegiatan ekstra kurikuler keagamaan