Strategi pemasaran produk simpanan Idul Fitri (Shari) pada KSPPS Arthamadina Banyuputih Batang
Main Author: | Fadlilah, Nurul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6362/1/132503119.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6362/ |
Daftar Isi:
- Hari raya Idul Fitri adalah puncak pengalaman hidup sosial keagamaan rakyat Indonesia, terutama umat Islam selama satu tahun diarahkan untuk dapat merayakan hari besar itu dengan sebaik- baiknya. Sehingga mereka bekerja dan banyak yang menabung untuk kelak mereka nikmati pada saat tibanya Idul Fitri. Menanggapi hal itu KSPPS Arthamadina Banyuputih Batang memiliki strategi dalam memasarkan produk Shari yaitu tabungan simpanan Idul Fitri berhadiah yang diharapkan dapat menarik minat masyarakat untuk mau bergabung ke dalam keanggotaan KSPPS Arthamadina Banyuputih Batang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran produk simpanan idul fitri (shari) pada KSPPS Arthamadina Banyuputih Batang. Penelitian dilakukan di KSPPS Arthamadina Banyuputih Batang, dengan obyek penelitian produk simpanan Idul Fitri (Shari). Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Data- data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder, yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif analistis Dari penelitian ini dihasilkan kesimpulan sebagai berikut: Pertama, strategi pemasaran dalam produk simpanan Idul fitri (Shari) pada KSPPS Arthamadina Banyuputih adalah strategi produk menggunakan akad wadiah yad dhamanah, strategi harga yang tidak terlalu mahal hanya Rp 60.000 setiap bulan, strategi distribusi yaitu dengan cara mendatangi anggota dengan menerapkan sistem jemput bola, strategi promosi yang dilakukan yaitu dengan promosi diadakannya hadiah-hadiah, brosur- brosur dan dengan ceramah-ceramah sekaligus mempromosikan produk Shari.