Strategi pemasaran produk simpanan Hasanah di BMT Mitrahasanah Genuk Semarang

Main Author: Rosana, Vina Naili
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6354/1/132503096.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6354/
Daftar Isi:
  • BMT Mitra Hasanah Genuk Semarang merupakan lembaga keuangan syariah yang melakukan kegiatanpengimpunan dana melalui mekanisme simpanan. Salah satu produk pengimpunan dana ini yaitu SIMHAS ( Simpanan Hasanah/ Arisan ) Dalam menjalankan kegiatan pengimpumpanan dana memerlukan promosi. Memperhatikan hal tersebut diatas, penulis memandang penting untuk melakukan peneletian dengan judul “ STRATEGI PEMASARAN PRODUK SIMPANAN HASANAH” ( Studi kasus pada BMT Mitra Hasanah Genuk Semarang). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran apa saja yang di terapkan di BMT Mitra Hasanah Genuk Semarang. Dengan rumusan masalah bagaimana penerapan strategi pemasaran di BMT Mitra Hasanah Genuk Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang dilakukan di BMT Mitra Hasanah Genuk Semarang untuk menggali data-data yang relevan atau sumber data primer dan sekunder. Penulis melakukan pengumpulan data dengan wawancara observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dialisis dengan metode deskreptif analitis. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh BMT Mitra Hasanah Genuk Semarang yaitu dengan periklanan, media periklanan yang dilakukan oleh BMT yaitu dilakukan dalam bentuk brosur, internet, mmt, dan souvenir. Selain periklanan adapula penualan pribadi dalam praktiknya marketing BMT Mitra Hasanah melayani serta mempengaruhi, menawarkan, dan mensosialisasikan produknya kepada mitra nya secara langsung. Adapula publisitas yang dilakukan BMT melalui kegiatan tausiyah di area yayasan sekolah yang menadi kegiatan waib satu bulan sekali pada minggu trakhir bulan tersebut dibarengi dengan kegiatan pemberian doorprize kegiatan.