Strategi pemasaran terhadap produk KPR BTN Sejahtera iB di BTN Syariah ditinjau dari analisis SWOT (studi kasus pada BTN Syariah kantor Cabang Semarang)
Main Author: | Novianti, Metty |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6314/1/132503016.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6314/ |
Daftar Isi:
- BTN Syariah Kantor Cabang Semarang merupakan Bank yng menyediakan produk KPR (KPR Sejahtera iB) yang sangat diminati masyarakat terutama masyarakat yang belum mempunyai rumah sendiri untuk ditinggali. Namu, seiring berjalannya waktu banyak bank-bank lain yang juga menyediakan produk KPR, sehingga pada tahun 2015 BTN Kantor Cabang Semarang mengalami sedikit penurunan penjuaan produk KPR tersebut. Penurunan penjualan teersebut tidak membuat BTN Kantor Cabang Syariah Semarang menyerah. Mereka menggunakan strategi-strategi yang lebih unggul untuk memasarkan dan menjual kembali produk KPR tersebut. Peneliti mengangkat permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi pemasaran produk KPR BTN Sejahtera iB ditinjau dari Analisis SWOT. Penelitian ini dilakukan pada PT. Bank Tabungan Negara (BTN) Kantor Cabang Syariah Semarang dengan menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu dengan cara penulis menggambarkan permasalahan dengan didasari oleh data-data yang ada kemudian dianalisis lebih lanjut untuk kemudian ditarik kesimpulan. Dari hasil penlitian ini, Bank BTN Kantor Cabang Syariah Semarang dalam memasarkan produk KPR menggunakan strategi analisis yang telah dikombinasikan antara dua faktor ekternal dan internal yaitu ke dalam sebuah Matrix SWOT : Strategi SO, berupa Menjalin komunikasi dengan developer dan calon nasabah dengan baik. Strategi ST, berupa Mencari marketing yang baik dan tepat untuk mempromosikan produk KPR Sejahtera dibanding dengan marketing bank lain. Strategi WO, berupa Mempromosikan kepada masyarakat dengan menggunakan keunggulan sebagai bank penyalur KPR terbesar dalam pembiayaan KPR. Strategi WT, Memberikan pemahaman yang baik kepada calon nasabah dan memberikan marketing yang lebih unggul dan menarik dalam memasarkan produk KPR.