Analisis strategi pemasaran produk tabungan pendidikan pada BPRS PNM Binama kantor KAS Mijen

Main Author: Ardian, Monica
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6311/1/132503013.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6311/
Daftar Isi:
  • Bank Pembiayaan Rakyat Syariah merupakan salah satu lembaga keuangan syariah yang bergerak dibidang keuangan mikro. Yang memiliki beraneka ragam produk mulai dari pembiayaan, tabungan dan deposito. Namun kenyataan dimasyarakat masih banyak yang menganggap bahwa BPRS hanyalah tempat meminta pembiayaan, serta pemasaran produk produk tabungan dalam BPRS masih kurang diperhatikan, hal ini membuat penulis merasa perlu diadakanya penelitian guna peningkatan strategi pemasaran tabungan khususnya tabungan pendidikan yang masih kalah saing dengan produk tabungan yang lain meskipun bagi hasil yang diberikan cukup besar. Permasalahan yang akan penulis teliti mengenai bagaimana cara pemasaran yang efektif guna peningkatan nasabah produk tabungan pendidikan pada BPRS PNM Binama Kantor Kas Mijen. Selain memiliki tujuan sebagai pengenalan produk kepada masyarakat juga sebagai penanaman kepercayaan masyarakat sekitar mijen dengan bank berbasis syari’ah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengumpulkan data melalui studi pustaka dan studi di lapangan yang bertempat di BPRS PNM Binama Kantor Kas Mijen, dalam bentuk pengamatan, dokumentasi atau wawancara. Adapun analisis yang digunakan pada penelitian ini mengunakan analisis deskriptif. Dalam Pemasaran produk tabungan pendidikan pada BPRS PNM Binama Kantor Kas Mijen, mengunakan berbagai strategi diantaranya, pertama menerapkan system jemput bola yaitu dimana marketing mendatangi nasabah dan atau calon nasabahnya dengan mengunjungi satu rumah ke rumah yang lain, hal ini sebagai servis atau layanan pihak bank juga sebagai media silaturahmi antara BPRS PNM Binama dengan nasabahnya. Strategi ke-dua yaitu dilakukan adalah dengan menerapkan bagi hasil yang besar yaitu setara dengan deposito 3 bulan. Strategi selanjutnya berupa beasiswa pendidikan bagi nasabah tabungan pendidikan dan melakukkan berbagai promosi dalam media cetak maupun online.