Pengaruh pengetahuan masyarakat terhadap minat menjadi nasabah Bank Muamalat KCP Magelang (studi kasus pada masyarakat Kota Magelang)
Main Author: | Saraswati, Nurul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6306/1/132503003.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6306/ |
Daftar Isi:
- Beberapa tahun belakangan ini perkembangan bank Syariahmulaidiminati oleh masyarakat, terlebih pada orang-orang yang beragamaislam. Dengan bersandarkan asas-asas islami bank-bank syariah mulaimenunjukkan pengaruh dan kekuatannya di sektor perekonomianIndonesia.Namun tidak sedikit dari masyarakat yang tidakmengetahui bagaimana sebenarnya prinsip dan konsep bank syariah. Karena pada dasarnya pengetahuan masyarakattentang bank pada umumnya dan bank Syariah pada khususnya akanmempengaruhi minat masyarakat sendiri untuk menjadi nasabahnya. Hal inilahyang mendorong peneliti untuk meneliti seberapa besar pengaruhpengetahuan tentang bank syariah terhadap minat menjadi nasabah denganjudul :Pengaruh Pengetahuan Masyarakat terhadap MinatMenjadi Nasabah Bank Muamalat KCP Magelang (StudiKasus pada Masyarakat Kota Magelang). Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitin kuantitatif,oleh karena itu data yang diperoleh nantinya berupa angka. Dari angkayang di peroleh akan di analisis lebih lanjut dalam analisis data.Penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu Pengetahuan Masyarakatsebagai variabel X dan Minat Menjadi Nasabah Sebagai Variabel YAdapun teknik analisis data yang digunakan adalah regresisederhana dan parsial dengan menggunakan SPSS 19.0. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Magelang.Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik cluster sampling (area sampling).Berdasarakan rumus solvin jumlah sampel yang diperoleh adalah 100,dari populasi yang ada sebanyak 120.207 jiwa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengetahuanmasyarakat memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadapminat menjadi nasabah. Hal ini dibuktikan bahwa variabelpengetahuan konsumen dengan nilai t hitung untuk variabel pengetahuan diperoleh sebesar 12,100 sedangkan signifikansinya 0,000 (lebih kecil dari taraf signifikan 0,05). Dan dari hasil uji koefisien determinasi model summary diperoleh nilai R Square (R2) adalah 0.599 atau 59,9%, jadi sebesar 59,9% pengambilan keputusan menjadi nasabah di Bank Muamalat KCP Magelang dipengaruhi oleh variabel pengetahuan masyarakat.