Meningkatkan hasil belajar matematika materi jenis dan besar sudut menggunakan media jam sudut bagi siswa kelas III MI NU 16 Kaligading Boja Kendal Semester II tahun pelajaran 2015/2016

Main Author: Fauziyah, Nurita Azka
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6255/1/123911357.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6255/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika materi jenis dan besar sudut pada siswa kelas III MI NU 16 Kaligading. Berdasarkan hasil pengamatan yang peneliti lakukan pada pembelajaran sebelum diadakan penelitian, guru hanya menggunakan model pembelajaran ceramah dan tidak menggunakan media dalam menyampaikan materi. Maka dari itu perlu menggunakan media jam sudut agar kompetensi dasar yang diharapkan dapat tercapai dan hasilnya meningkat. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: bagaimana meningkatkan hasil belajar matematika materi jenis dan besar sudut bagi siswa kelas III MI NU 16 Kaligading Boja Kendal Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian yang dilakukan berupa penelitian tindakan kelas (Classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik analisis data penelitian ini diolah dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan keadaan peningkatan indikator keberhasilan tiap siklus dan untuk menggambarkan keberhasilan pembelajaran matematika menggunakan media jam sudut. Ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran tahun lalu adalah 47 %.P ada siklus I ketuntasan belajar siswa 63% dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa menjadi 84%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penggunaan media jam sudut dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi jenis dan besar sudut di kelas III MI NU 16 Kaligading Boja Kendal Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016.