Peningkatan Hasil Belajar Materi Pokok Ibadah Haji Melalui Model Picture To Picture Peserta Didik Kelas V MIM Wonosari Simo Boyolali Semester I Tahun Pelajaran 2009/2010
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas V MIM Wonosari Simo Boyolali dalam mata pelajaran Fiqih khususnya pada materi pokok Ibadah Haji dengan penerapan model Picture to Picture. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang melibatkan 16 siswa sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi langsung, yaitu pengamatan saat terjadi interaksi belajar mengajar, baik antara siswa dengan siswa, maupun siswa dengan guru. Penelitian dilakukan melalui 3 siklus, yaitu: (1) Pra Siklus, (2) Sikuls I, dan (3) Siklus II. Hasil penelitian menunjukkan, pada kondisi Pra Siklus, kemampuan proses pembelajaran dalam kriteria rendah mencapai 6,25%, kriteria cukup mencapai 75%, dan kriteria tinggi mencapai 18,75%. Hasil ini memberikan gambaran tentang proses pembelajaran bahwa proses pembelajaran masih didominasi pada kriteria cukup sehingga proses pembelajaran belum bisa maksimal. Pada Kondisi Siklus I, kemampuan proses pembelajaran dalam kriteria rendah mencapai 6,25%, kriteria cukup mencapai 50%, dan kriteria tinggi mencapai 43,75%. Hasil ini memberikan gambaran tentang proses pembelajaran masih didominasi pada kriteria cukup sehingga proses pembelajaran belum bisa maksimal. Pada Siklus II didaptkan hasil, bahwa kemampuan proses pembelajaran dalam kriteria rendah mencapai 0%, kriteria cukup mencapai 12,50%, dan kriteria tinggi mencapai 87,50%. Hasil ini memberikan gambaran bahwa proses pembelajaran di siklus kedua berada dalam kriteria tinggi sehingga proses pembelajaran sudah maksimal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode picture to picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIM Wonosari, Simo, Boyolali, khususnya pada materi pokok Ibadah Haji.