Upaya peningkatan hasil belajar matematika materi luas persegi dan persegi panjang melalui metode index card match pada siswa kelas III MI Permata Belia Kalipancur Ngaliyan Semarang tahun 2015/2016
Main Author: | Larasati, Andana Murti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6249/1/COVER.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6249/2/BAB%20I-V.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6249/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6249/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika materi luas persegi dan persegi panjang di MI Permata Belia Kalipancur Ngaliyan Semarang. Berdasarkan hasil pengamatan yang peneliti lakukan pada pembelajaran sebelum diadakan penelitian, guru hanya menggunakan model pembelajaran ceramah, guru masih sangat dominan dalam proses belajar mengajar dan tidak menggunakan media ataupun alat peraga dalam menyampaikan materi. Hal ini yang menjadikan peserta didik pasif dalam belajar. Cara yang dapat ditempuh untuk menyelesaikan masalah tersebut yakni dengan pembelajaran metode Index Card Mach materi luas persegi dan persegi panjang .Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Untuk mengetahui apakah Metode Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi luas persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III MI Permata Belia Kalipancur Ngaliyan Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian yang dilakukan berupa penelitian tindakan kelas (Classroom action research).Penelitianinidilaksanakandalam2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik analisis data penelitian ini diolah dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan keadaan peningkatan indikator keberhasilan tiap siklus dan untuk menggambarkan keberhasilan pembelajaran matematika menggunakan metode index card match. Ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran tahun lalu adalah 47 %.Pada siklus I ketuntasan belajar siswa 63% dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa menjadi 84%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran index card match dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi luas persegi dan persegi panjang di kelas III MI Permata Belia Kalipancur Ngaliyan Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016.