Penelitian tindakan kelas penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan pemahaman siswa materi kegiatan jual beli mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas III Ali bin Abu Thalib MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2015/2016
Main Author: | Partinah, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6248/1/123911300.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6248/ |
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran IPS yang terjadi di MI Darul Ulum yang dilaksanakan masih bersifat konvensional. Siswakurang berperan aktif dalam pembelajaran, sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS tidak mencapai KKM. Model pembelajaran jigsaw adalah solusiyang digunakan oleh peneliti untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkanpemahaman siswa dalam pembelajaran IPS.Penelitian ini dilaksanakan di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan dengan subyek penelitiannya adalah siswa kelas III Ali bin Abu Thalib. Hasil penelitian menunjukkan pada pra siklus siswa yang mampu mencapai nilai sesuai KKM hanya 32 % atau 11 anak. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas dengan model jigsaw. Pada siklus I daftar nilai siswa yang mampumencapai nilai KKM sebanyak68 % atau 23 siswa. Kemudian hasil tersebut diperbaiki lagi pada siklus II hingga mencapai ketuntasan belajar sebanyak 91 % atau 31 siswa. Sedangkan pengamatan pada proses pembelajaran jigsaw siswa juga mengalami peningkatan, dimana pada siklus I hanya mencapai 65 % atau 22 siswa yang mencapai ketutansan klasikal dan pada siklus II mencapai 88 % atau 30 siswa berperan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Jadi dapat disimpulkan penerapan model pembelajaranjigsawdapat meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran IPS di kelas III Ali bin Abu Thalib MI Darul Ulum Ngaliyan.