Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi reading aloud dalam pembelajaranal-qur’an hadits materi pokok tajwid (hukum bacaan mim sukun) pada siswa kelas V MI Miftahul Akhlaqiyah Tambakaji Ngaliyan Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pertimbangan menggunakan metode ini adalah untuk mengungkapkan realitas dan aktualitas mengenai pembelajaranal-qur’an hadits materi pokok tajwid (hukum bacaan mim sukun) pada siswa kelas VMI Miftahul akhlaqiyah Tambakaji Ngaliyan Semarang. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian, diperoleh gambaran tentang penerapan strategi reading aloud dalam pembelajaranal-qur’an hadits materi pokok tajwid (hukum bacaan mim sukun) pada siswa kelas V MI Miftahul Akhlaqiyah Tambakaji Ngaliyan Semarang. Penerapan strategi reading aloud dalam pembelajaranal-qur’an hadits materi pokok tajwid (hukum bacaan mim sukun) dilakukan dengan metode ceramah, pemberian tugas atau resitasi, latihan atau drill dan juga inquiry-discovery (mencari dan menemukan. Dengan menerapkan reading aloud hasil yang diperoleh oleh peserta didik membuahkan hasil yang relatif baik. Ini bisa kita lihat dari hasil evaluasi dan penilaian yang dilakukan oleh guru.