Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi modeling the way pada mata pelajaran fiqih materi Shalat Id di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang kelas IV Semester II tahun pelajaran 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi proses pembelajaran fiqih khususnya materi shalat id di kelas IV MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang dimana masih banyak dipengaruhi oleh cara-cara tradisional, yaitu guru menyampaikan pelajaran, peserta didik mendengarkan atau mencatat dengan sistem evaluasi yang mengutamakan pengukuran kemampuan menjawab pertanyaan hafalan atau kemampuan verbal lainnya. Jika dilihat dari ketuntasan belajarnya dengan nilai 80 hanya berkisar pada 40-50% dari jumlah peserta didik di kelas IV MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang, rata-rata siswa kurang memahami hukum terkait shalat Id dan urutan dan tata cara shalat Id dengan benar dan tertib. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan penerapan strategi modeling the way dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mapel fiqih materi shalat id di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang kelas IV semester II tahun pelajaran 2015/2016? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penerapan strategi modeling the way dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mapel fiqih materi shalat id di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang kelas IV semester II tahun pelajaran 2015/2016, hal ini terlihat dari hasil belajar per siklus dimana pada pra siklus ada 13 peserta didik atau 47%, siklus I ada 19 peserta didik atau 68%, dan pada siklus II ada 23 peserta didik atau 82%, peningkatan juga terjadi pada keaktifan belajar siswa per siklus dimana pada siklus I ada 19 peserta didik atau 68%, mengalami kenaikan pada siklus II yakni ada 23 peserta didik atau 82%.