Daftar Isi:
  • Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Penerapan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Fiqih Materi Shalat Id Kelas IV MI Baran Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang Tahun 2015/2016, 2) Untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar Materi Shalat Id dengan menggunakan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas IV MI Baran Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang Tahun 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan per siklus. Hasil penelitiaan mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Dari 38 siswa pada siklus I ketuntasan mencapai 73% dan kemudian pada tahap siklus II mengalami peningkatan sebesar 14 % menjadi 87 %. Pada siklus III meningkat 10.3 % dan ketuntasan 97,3 %. Dengan demikian, indikator keberhasilan belajar ketuntasan siswa sebesar 90 % atau nilai KKM sebesar 75 sudah terpenuhi, jadi siklus dihentikan.