Peningkatan hasil belajar matematika materi bangun datar melalui model cooperative learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) di kelas V MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar matematika pada materi bangun datar di kelas V MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang masih jauh dari ketuntasan dimana 50% dari 28 peserta didik belum mencapai KKM, rata-rata peserta didik kurang memahami cara menghitung bangun datar, oleh karena itu guru perlu memerpakna model cooperative learning tipe TAI karena model ini dirancang untuk mengatasi kesulitan belajar secara individual. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan apakah penerapan model cooperative learning tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar di kelas V MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penerapan model cooperative learning tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar di kelas V MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016, hal ini dapat di lihat dari peningkatan hasil belajar setiap siklusnya di mana pada mengalami kenaikan dari siklus I ada 14 siswa atau 50%, siklus II ada 19 siswa atau 68%, dan pada siklus III ada 24 peserta didik atau 85%. Peningkatan juga terjadi pada keaktifan belajar siswa di mana pada siklus I ada 13 siswa atau 46%, mengalami kenaikan pada siklus II yakni ada 20 siswa atau 71% dan mengalami kenaikan pada siklus III yakni 25 siswa atau 89%.