Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran yang belum efektif pada proses pembelajaran IPA di kelas V MI Adinuso Kecamatan Reban Kabupaten Batang. Dilihat dari ketuntasan belajar IPA nilai 70 hanya berkisar pada 40-50 % dari jumlah peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan apakah penerapan metode drill dan berbantukan media LCD dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi pembuatan makanan pada tumbuhan dengan di kelas V MI Adinuso Kecamatan Reban Kabupaten Batang tahun pelajaran 2015/2016?. Permasalahan tersebut dilakukan melalui penelitian tindakan kelas melalui 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan metode drill dan berbantukan media LCD dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi pembuatan makanan pada tumbuhan dengan di kelas V MI Adinuso Kecamatan Reban Kabupaten Batang tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini terlihat dari hasil belajar per siklus dimana pada pra siklus ada 7 peserta didik atau 42%, siklus I ada 12 peserta didik atau 70%, dan pada siklus II ada 15 peserta didik atau 88%.