Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik materi Zakat dengan menggunakan metode team quiz pada kelas IV MI NU 26 Pidodowetan tahun pelajaran 2015/2016

Main Author: Salam, Abdu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6218/1/123911126.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6218/
Daftar Isi:
  • Karya penelitian membahas upaya meningkatkan hasil belajar fiqih materi pokok zakat pada kelas IV MI NU 26 Pidodowetan Patebon Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya hasil belajar yang ditandai minimnya peserta didik yang mampu melampaui nilai KKM. Dalam penelitian ini ditawarkan penggunaan metode team quiz dalam pembelajaran fiqih materi pokok zakat. Rumusan permasalahan yang dikemukakan adalah ” Apakah metode team quiz dapat meningkatkan hasil belajar zakat kelas IV di MI NU 26 Pidodowetan Patebon Kendal tahun pelajaran 2015/2016? Permasalahan tersebut dikaji dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Metode pengumpulan data memakai teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa metode demonstrasi dengan metode team quiz dapat meningkatkan hasil belajar fiqih materi pokok zakat pada kelas IV Semester I MI NU 26 Pidodowetan Patebon Kendal Tahun Pelajaran 2015/2016. Data yang peroleh menunjukkan bahwa pada pra siklus nilai rata-rata kelas adalah 51,42, pada siklus 1 meningkat lagi menjadi 72, dan pada siklus naik menjadi 79. Adapun data ketuntasan klasikal pada siklus 1 senilai 28,57%, pada siklus 1 sebesar 71,43%, dan meningkat kembali pada siklus 2 menjadi 88,57%.