Studi korelasi antara persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa kelas VI mata pelajaran Matematika di MI Ianatussshibyan Mangkangkulon Tugu Semarang tahun pelajaran 2015/2016

Main Author: Salamah, Zulia Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6216/1/123911117.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6216/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Persepsi siswa tentang kompetensi guru 2) Prestasi belajar matematika di kelas VI MI Ianatusshibyan Mangkangkulon Tugu Semarang 3) Hubungan persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa kelas VI mata pelajaran matematika di MI Ianatusshibyan Mangkangkulon Tugu Semarang. Pada penelitian ini yang menjadi variabel X adalah persepsi siswa tentang kompetensi guru, sedangkan yang menjadi variabel Y adalah prestasi belajar Matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi. Data dikumpulkan menggunakan metode : 1) Angket 2) Dokumentasi 3) wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Persepsi siswa MI Ianatusshibyan Mangkangkulon Tugu Semarang berada dalam kondisi baik, dengan nilai rata-rata yang diperoleh 105 yang berada pada interval 103-109; dengan rentang nilai 1-114. 2) Prestasi belajar siswa kelas VI mata pelajaran matematika di MI Ianatusshibyan Mangkangkulon Tugu Semarang berada dalam kondisi yang baik, terbukti dengan nilai rata-rata yang diperoleh 73,23. 3) Hubungan persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa kelas VI mata pelajaran matematika di MI Ianatusshibyan Mangkangkulon Tugu Semarang, analisis yang digunakan adalah analisis regresi dan korelasi, hasil analisis menunjukkan bahwa: terdapat hubungan positif antara persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran matematika kelas VI di MI Ianatusshibyan Mangkangkulon Tugu Semarang ditunjukkan oleh koefisien rxy = 0,569, angka ini lebih besar dari r tabel baik pada taraf signifikansi 1% diperoleh rtabel= 0,463 maupun 5% diperoleh nilai rtabel = 0,361 (0,569 > 0,463 > 0,361). Melalui fungsi taksiran Y = -2,4333 + 0,721X. Pada perhitungan Freg = 13,379, Ftabel residual 30 dengan df = 1 diperoleh hasil Ftabel 5% = 4,20 dan Ftabel 1% = 7,64. apabila Freg > Ftabel , maka Ha diterima dan apabila Freg < Ftabel maka Ha ditolak. Dari hasil perhitungan bahwa nilai Freg lebih besar dari Ftabel 5% dan Ftabel 1% (13,379 > 7,64 > 4,20 ), maka Ha diterima atau ada hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi guru dengan prestasi belajar siswa kelas VI MI Ianatusshibyan Mangkangkulon Tugu Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016.