Pengaruh penerapan metode teams games tournament (TGT) dengan media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS kelas IV materi pokok koperasi di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang tahun ajaran 2015/2016
Main Author: | Asniah, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6209/1/123911102.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6209/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran yang dilakukan guru selama ini kurang bervariasi dan guru kurang maksimal dalam menggunakan media pembelajaran sehingga siswa pasif karena kurang tertarik dalam pembelajaran dan berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Untuk itu peneliti melakukan penelitian mengenai Pengaruh Penerapan Metode Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS Kelas IV Materi Pokok Koperasi di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV MIT Nurul Islam Ngaliyan dengan jumlah 78 siswa. Sampel yang diambil adalah 51 siswa dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian berupa tes. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control group design Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t tes. Berdasarkah hasil perhitungan t-test dengan taraf signifikansi = 5% diperoleh t_hitung = 3,523 sedangkan t_tabel = 2,01. Karena t_hitung>t_tabel maka H_o ditolak dan H_aditerima yang berarti rata-rata hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa yang diajar dengan menggunakan metode Teams Games Tounament (TGT) dan media audio visual lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 79,600 dan kelompok kontrol =69,423 sehingga dapat disimpukan bahwa hasil belajar dengan menggunakan metode Teams Games Tounament (TGT) dan media audio visual efektif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV pada materi koperasi di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang Tahun Ajaran 2015/2016