Hubungan antara prestasi belajar akidah akhlak terhadap tingkah laku terpuji siswa kelas IV MI Ianatusshibyan Mangkangkulon Tugu Semarang tahun ajaran 2015/2016

Main Author: Lestari, Oktavya Endah Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6202/1/123911086.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6202/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Adakah hubungan positif prestasi belajar akidah akhlak terhadap tingkah laku terpuji siswa MI Ianatusshibyan Mangkangkulon Tugu Semarang Tahun Ajaran 2015/2016? Untuk menjawab permasalahan tersebut , penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yakni penelitian yang bekerja dengan angka yang datanya berwujud bilangan (skor atau nilai, peringkat atau frekuensi) yang dianalisis dengan menggunakan statistik untuk menjawab pertanyaan atau hipotesis penelitian yang sifatnya spesifik, dan untuk melakukan prediksi bahwa satu variabel tertentu mempengaruhi variabel yang lain. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan metode dokumentasi yakni mengumpulkan nilai ulangan akidah akhlak dan angket. Subyek penelitian sebanyak 32 responden yang yang diambil dengan menggunakan teknik penelitian populasi. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: Prestasi belajar akidah akhlak berpengaruh terhadap tingkah laku siswa kelas IV MI Ianatusshibyan Mangkangkulon Tugu Semarang. Hal ini didasarkan pada perolehan rata-rata (mean) sebesar 70,75. Hal ini berarti prestasi belajar akidah akhlak dalam kategori “Baik” yaitu pada interval 67,65 – 73,85. Afektif akidah akhlak berpengaruh terhadap tingkah laku siswa kelas IV MI Ianatusshibyan Mangkangkulon Tugu Semarang. Hal ini didasarkan pada perolehan rata-rata (mean) sebesar 69,91. Hal ini berarti prestasi belajar akidah akhlak dalam kategori “Baik” yaitu pada interval 67,65 – 73,85. Sedangkan, psikomotor akidah akhlak berpengaruh terhadap tingkah laku siswa kelas IV MI Ianatusshibyan Mangkangkulon Tugu Semarang. Hal ini didasarkan pada perolehan rata-rata (mean) sebesar 69,688. Hal ini berarti prestasi belajar akidah akhlak dalam kategori “Baik” yaitu pada interval 67,65 – 73,85. Setelah diketahui dari perhitungan statistik dengan koefisien korelasi dan analisis regresi, dimana terdapat hubungan yang positif antara Prestasi belajar Akidah Akhlak (Variabel X1) terhadap Tingkah Laku Terpuji (Variabel Y) Siswa Kelas IV MI Ianatusshibyan Mangkangkulon Tugu Semarang. Hal ini ditunjukkan oleh koefisisen korelasi rxy = 0,7126 rt(0,05) = 0,418 dan rxy 0,7126 rt (0,01) 0,325. Dengan rxy rt (0,05) dan (0,01) berarti signifikan. Sementara dari perhitungan Freg = 30,961 Ft (0,05) = 4,17 dan Freg = 30,961 Ft (0,01) = 7,56. Dengan Fhitung Ftabel (0,05 dan 0,01) berarti signifikan. Setelah diketahui dari perhitungan statistik dengan koefisien korelasi dan analisis regresi, dimana terdapat hubungan yang positif antara Afektif Akidah Akhlak (Variabel X2) terhadap Tingkah Laku Terpuji (Variabel Y) Siswa Kelas IV MI Ianatusshibyan Mangkangkulon Tugu Semarang. Hal ini ditunjukkan oleh koefisisen korelasi rxy = 0,640 rt(0,05) = 0,418 dan rxy 0, 640 rt (0,01) 0,325. Dengan rxy rt (0,05) dan (0,01) berarti signifikan. Sementara dari perhitungan Freg = 53,243 Ft (0,05) = 4,17 dan Freg = 53,243 Ft (0,01) = 7,56. Dengan Fhitung Ftabel (0,05 dan 0,01) berarti signifikan. Setelah diketahui dari perhitungan statistik dengan koefisien korelasi dan analisis regresi, dimana terdapat hubungan yang positif antara Psikomotor Akidah Akhlak (Variabel X3) terhadap Tingkah Laku Terpuji (Variabel Y) Siswa Kelas IV MI Ianatusshibyan Mangkangkulon Tugu Semarang. Hal ini ditunjukkan oleh koefisisen korelasi rxy = 0,7126 rt(0,05) = 0,418 dan rxy 0,674 rt (0,01) 0,674. Dengan rxy rt (0,05) dan (0,01) berarti signifikan. Sementara dari perhitungan Freg = 62,100 Ft (0,05) = 4,17 dan Freg = 62,100 Ft (0,01) = 7,56. Dengan Fhitung Ftabel (0,05 dan 0,01) berarti signifikan. Dengan demikian dapat diketahui bahwa Prestasi Belajar (Kognitif, Afektif dan Psikomotor) mempunyai pengaruh yang positif terhadap Tingkah Laku Terpuji Siswa Kelas IV MI Ianatusshibyan Mangkangkulon Tugu Semarang.