Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) prestasi belajar fikih siswa kelas V SD Islam Al Madina Semarang, (2) pelaksanaan shalat siswa kelas V SD Islam Al Madina Semarang, (3) pengaruh prestasi belajar fikih terhadap pelaksanaan shalat siswa kelas V SD Islam Al Madina Semarang. Penelitian ini menggunakan teknik sampling non-probability sampling yaitu populasi menjadi sampel dalam penelitian, dengan Tekhnik Analisis Kuantitatif. Subyek penelitian sebanyak 69 responden. Dari data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Prestasi belajar Fikih siswa di SD Islam Al Madina Semarang dapat dikategorikan sedang. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata prestasi belajar fikih yang didapati yaitu 79,73 dilihat pada kategori interval nilainya antara 69,19 ─ 90,28 yang kategorinya dikatakan sedang. (2) Pelaksanaan shalat siswa SD Islam Al Madina Semarang termasuk kategori sedang, hal ini dapat dibuktikan dengan skor rata-rata pelaksanaan shalat siswa yang didapati yaitu 77,5 dilihat pada kategori interval nilainya antara 68,18 ─ 86,83yang kategorinya dikatakan sedang. (3) Ada pengaruh prestasi belajar fikih terhadap pelaksanaan shalat siswa kelas V SD Islam Al Madina Semarang hal ini dapat dibuktikan dengan Hasil perhitungan uji r pada tingkat signifikasi diperoleh r_(hitung )>r_(tabel ) yaitu 0,536 > 0,235 pada taraf 5%. Hasil analisis regresi linier sederhana didapatkan persamaan