Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil penelitian pada saat PPL yang menunjukkan bahwasanya hasil pemahaman peserta didik pada mata pelajaran IPA. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang lebih banyak menggunakan metode konvensional yakni terpusat pada guru (absolutisme). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pemahaman peserta didik pada pembelajaran IPA materi Adaptasi di kelas VA MI Miftakhul Akhlaqiyah Ngaliyan Semarang melalui penerapan metode Jigsaw. Manfaat penelitian ini yaitu memberikan sumbang pemikiran pada dalam melakukan inovasi pembelajaran dari teacher centered ke student centered melalui penerapan metode jigsaw sebagaimana teori yang digunakan dalam pembelajaran IPA. Peserta didik dengan demikian akan terlibat secara langsung dalam mencari, menemukan, menggali, dan memproses pengetahuannya sendiri. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan apakah dengan penggunaan metode pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan pemahaman peserta didik di MI Miftakhul Akhaqiyah Ngaliyan Semarang. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan tahapan dari setiap siklusnya adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dalam penelitian ini diperoleh dari guru (observer) dan peserta didik melalui dokumentasi, tes, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian siklus I sampai siklus II, diperoleh data bahwa hasil pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran sebelumnya dan hasil tes juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu ketuntasan klasikal 51,7% pada siklus I dan menjadi 81,5% pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa dengan metode jigsaw dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran IPA materi pokok Adaptasi di MI Miftahul Akhlaqiyah Ngaliyan Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Jadi penerapan metode jigsaw dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran IPA tentang Adaptasi di Kelas VA MI Miftahul Akhlaqiyah Ngaliyan Semarang Tahun Ajaran 2015/2016.