Pengaruh penggunaan metode bermain peran terhadap hasil belajar peserta didik kelas V semester II mata pelajaran IPS materi pokok Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan di MI Tarbiyatul Athfal Mambak Jepara tahun ajaran 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan metode bermain peran terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) peserta didik kelas V pada materi pokok perjuangan mempertahankan kemerdekaan di MI Tarbiyatul Athfal Mambak Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan metode tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V dengan jumlah 33 siswa. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis uji korelasi pearson product moment. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil test yang telah dilakukan diperoleh rata-rata pada nilai posttest 69,70 sedangkan rata-rata pada nilai pretest adalah 41, 67. Berdasarkan hasil uji korelasi pearson product moment nilai r = 0,4736, dari hasil perhitungan tersebut kemudian diinterpretasikan pada nilai tabel memperoleh kesimpulan cukup kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh cukup kuat penggunakaan metode bermain peran terhadap hasil belajar peserta didik kelas V Semester II mata pelajaran IPS materi pokok perjuangan mempertahankan kemerdekaan di MI Tarbiyatul Athfal Mambak Jepara tahun ajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi, motivasi, dan sebagai bahan masukan bagi para pendidik (guru).