Upaya peningkatan hasil belajar PAI materi kisah Sahabat Kholifah Abu Bakar As-Shiddiq ra melalui metode ceramah plus dan diskusi pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 16 Semarang tahun pelajaran 2015–2016

Main Author: Hidayah, Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6144/1/123111631.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6144/
Daftar Isi:
  • Maraknya industri film dan tontonan yang kurang mendidik yang tak layak dijadikan tuntunan, yang membuat kami merasa prihatin akan perkembangan anak didik kami. Mereka lebih mengenal dan menjadikan artis idola mereka daripada pejuang-pejuang Islam. Maka berdasarkan hal tersebut diatas, kami mengadakan Penelitian Tindakan Kelas. Dimana proses pembelajaran dengan mengenalkan dan memberikan contoh tontonan yang baik dari akhlak dan prilaku para sahabat Nabi. Penelitian ini kami lakukan di SD Muhammadiyah 16 pada siswa kelas V terdiri dari 21 siswa diantaranya 8 putri dan 13 putra dengan memakai metode yang dapat mudah difahami serta menarik dan membuat peserta didik fokus dan dapat menjadi contoh teladan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, tiap siklusnya terdiri dari perencanaan,tindakan,observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I hasil yang kurang/tidak tuntas. Dan karena kurang/ tidak tuntas tersebut kami menggunakan metode ceramah plus dan diskusi. Kemudian peneliti menggunakan metode tersebut di siklus II dengan memakai media video cerita sahabat Kholifah Abu Bakar as Shiddiq ra . Dan kesimpulan yang peneliti dapat adalah dengan menggunakan metode ceramah plus dan diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada PAI materi kisah sahabat. Penggunaan metode ceramah plus dan diskusi tersebut mempunyai efek yang baik ketika diterapkan pada siswa kelas V .