Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran Fiqih materi haji melalui penerapan strategi card sort di SD Islam Fitra Bhakti Pudakpayung Semarang tahun pelajaran 2015/2016

Main Author: Jumain, Jumain
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6138/1/123111618.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6138/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran Fiqih materi Haji melalui penerapan strategi Card Sortdi SD Islam Fitra Bhakti Pudakpayung Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana penerapan strategi Card Sort dalam pembelajaran Fiqih materi Haji di kelas V SD Islam Fitra Bhakti Pudakpayung Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016?. 2) Apakah dengan menerapkan strategi Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih materi Haji di kelas V SD Islam Fitra Bhakti Pudakpayung Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penerapan strategiCard Sort dalam proses pembelajaran Fiqih materi Haji di kelas V SD Islam Fitra Bhakti Pudakpayung Semarang. 2) Mengetahui apakah strategi Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih materi Haji di kelas V SD Islam Fitra Bhakti Pudakpayung Semarang. Permasalahan tersebut dibahas melalui Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pegumpulan data diperoleh dengan cara tes, teknik observasi dan teknik dokumentasi. Semua data dianalisis menggunakan statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Fokus penelitian meliputi: 1) Penerapan strategi Card Sort dalam pembelajaran Fiqih materi Haji di SD Islam Fitra Bhakti Pudakpayung Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016 dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu dari perencanaan peneliti membuat RPP, menyedian kartu induk dan kartu rincian, menyiapkan lembar observasi, pendokumentasian. Kemudian dilakukan tindakan yang merupakan proses pelaksanaan pembelajaran yang dimulai dari pendahuluan berupa do’a dan absensi, dalam tahap pelaksanaan kemudian setiap peserta didik diperintah untuk mencari kartu induknya, setelah kartu induk beserta seluruh kartu rinciannya ketemu, masing-masing membentuk kelompok dan mendiskusikannya, terakhir penutup dengan memberikan soal dan do’a bersama. Selanjutnya tahap observasi dengan menilai hasil belajar siswa dan keaktifan belajar siswa dan pada tahap refleksi dengan mengevaluasi kekurangan setiap tahapan siklus untuk menjadi pedoman yang akan dilakukan pada siklus berikutnya. 2) Penerapan strategi Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran Fiqih materi Haji di SD Islam Fitra Bhakti Pudakpayung Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan klasikal pada pra siklus31%, naik pada siklus I ketuntasan klasikal 69%, dan pada siklus II ketuntasan klasikal mencapai 94%. Nilai rata-rata hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan yang signifikan yaitu pada pra siklus nilai rata-rata 65, pada siklus I nilai rata-rata 78, dan pada siklus II nilai ratarata 85. Hasil ini sudah mencapai indikator keberhasilan tindakan yang ditentukan yaitu 85%.