Hubungan prestasi belajar aqidah akhlak dengan perilaku keberagamaan siswa kelas X MA Nahdlatul Ulama 01 Banyuputih Batang tahun pelajaran 2015/2016

Main Author: Qodariyah, Qodariyah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6132/1/123111131.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6132/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas X MA Nahdlatul Ulama 01 Banyuputih Batang; 2) Bagaimana sikap keberagamaan Siswa Kelas X MA Nahdlatul Ulama 01 Banyuputih Batang; 3) Adakah Hubungan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Dengan Sikap Keberagamaan Siswa Kelas X MA Nahdlatul Ulama 01 Banyuputih Batang. Penelitian ini adalah kuantitatif jenis korelasi dimana penulis ingin mengetahui hubungan antara Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas X MA Nahdlatul Ulama 01 Banyuputih Batang tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, dokumentasi dan observasi. Metode angket digunakan memperoleh data tentang sikap keberagamaan Siswa Kelas X MA Nahdlatul Ulama 01 Banyuputih Batang, metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas X MA Nahdlatul Ulama 01 Banyuputih Batang dan Metode observasi digunakan untuk memperoleh data tentang situasi lingkungan dan kondisi sekolah. Data yang telah diperoleh lalu dianalisis dengan analisis statistik dengan rumus korelasi product moment. Dari uji hipotesis berkaitan dengan adanya hubungan antara Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas X MA Nahdlatul Ulama 01 Banyuputih Batang, menunjukkan bahwa: (1) dari perhitungan rata-rata prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa kelas vi X MA Nahdlatul Ulama 01 Banyuputih Batang tahun pelajaran 2015/2016 diketahui nilainya sebesar 78,44 termasuk dalam kategori kurang baik yaitu terletak pada interval 77-81. (2) dari perhitungan rata-rata sikap keberagamaan siswa kelas X MA Nahdlatul Ulama 01 Banyuputih Batang tahun pelajaran 2015/2016 diketahui nilainya sebesar 38, yaitu pada interval 37-46 dan termasuk dalam kategori cukup baik. (3) sesuai perhitungan dengan menggunakan rumus korelasi product momentdiperoleh nilai sebesar 0,340 dan dikonsultasikan dengan nilai r tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,279. Karena > rtabel pada tarafsignifikan 5% maka hasilnya signifikan. Artinya hipotesis yang menyatakan bahwa “ ada hubungan antara Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas X MA Nahdlatul Ulama 01 Banyuputih Batang tahun pelajaran 2015/2016” diterima kebenarannya. Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, orang tua, tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan.