Daftar Isi:
  • Terdapat dua faktor mengapa penelitian ini dilakukan. Pertama, kepribadian guru aktivasinya hanya di dalam kelas. Kedua,banyaknya akademisi yang demi kognitif mengesampingkan afektif dan moral. Untuk menjawab permasalahan tersebut, dibuat dua pertanyaan; Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologis untuk melihat isi dari kajian kitab sebagai objek penelitian. Adapun teori yang dipakai untuk melihat ciri kepribadian guru dalam Adābu al-Ālim wa al Muta’allim karya KH. Hasyim Asy’ari ini adalah big five personality. Dimana kepribadian guru dikelompokkan sesuai ciri dari big five personality. Adapun hasil dari penelitian ini pertama; ciri kepribadian guru dalam kitab Ad ābu al Ā lim wa al Muta’allim yang dilihat dari kacamata psikologis menggunakan teori big five adalah dominan pada ciri conscientiousness; tekun, teratur, bertanggungjawab, gigih, mengikuti peraturan dan norma agama maupun masyarakat. Kedua, esensi kerpibadian guru dalam kitab pertama, guru harus memilki ilmu dan mengamalkanya dalam kehidupan sekaligus membumi. Kedua, banyaknya redaksi nilai-nilai kesufian dalam kitab tersebut sebagai bentuk penghilangan sifat egoistik. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi model ideal kepribadiann guru, dan wujud realisasi peningkatkan kualitas riset bidang pendidikan dalam ranah keguruan.