Pengaruh intensitas mengikuti salat zuhur berjamaah di sekolah terhadap kedisiplinan salat fardu berjamaah dalam keseharian siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang tahun pelajaran 2015-2016
Main Author: | Handayani, Erni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6111/1/123111026.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6111/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana tingkat intensitas untuk mengikuti salat dhuhur berjamaah di sekolah siswa kelas kelasVII SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang Tahun Pelajaran 2015 / 2016, (2) Bagaimana tingkat kedisiplinan salat berjamaah dalam keseharian siswa kelas kelas VII SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang Tahun Pelajaran 2015 / 2016, (3) Seberapa besar pengaruh antara Intensitas Mengikuti Salat Dhuhur Berjamaah di Sekolah Terhadap Kedisiplinan Salat Fardlu Berjamaah dalam Keseharian Siswa kelasVII SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berbentuk kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan Angket dan Dokumentasi, data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Intensitas mengikuti salat dzuhur berjamaah di sekolah siswa kelas kelas VII SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang Tahun Pelajaran 2015 / 2016 termasuk dalam kategori “baik” dengan nilai rata-rata yaitu = 67, 32. (2) Kedisiplinan salat fardu berjamaah dalam keseharian siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang tahun pelajaran 2015/2016 termasuk dalam kategori “baik” diperoleh nilai rata-rata yaitu = 63,38 (3) Pengaruh intensitas mengikuti salat dzuhur berjamaah di sekolah terhadap kedisiplinan salat fardu berjamaah dalam keseharian siswa kelas VII SMP Al-Azhar 29 BSB Semarang tahun pelajaran 2015/2016 diperoleh yaitu r^2 = 0,284 . Jadi, pengaruh variabel intensitas mengikuti salat dhuhur berjamaah di Sekolah terhadap kedisiplinan salat fardlu berjamaah dalam keseharian adalah 0,284 (0,284%) sisanya (100-28,4%) 71,6% dipengaruhi oleh variabel lain. Selain itu diperoleh F_reg = 20,25 > F_t0,05 = 4, 036, Dan didapatkan persamaan regresi = 16,5 + 0,69X. Dari hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan bahan masukan mahasiswa, tenaga pendidik, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan terutama di lingkungan FITK UIN Walisongo Semarang.