Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang upaya yang dilakukan madrasah dalam membentuk kedisiplinan melalui kegiatan ekstra kurikuler pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) siswa di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: adakah pengaruh kegiatan ekstra kurikuler pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) terhadap kedisiplinan siswa MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang Tahun 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Regresi Sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket untuk mendapatkan data kedisiplinan siswa, sedangkan untuk mendapatkan nilai kegiatan pencak silat dengan menggunakan metode dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif. Adapun pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis regresi satu prediktor dengan metode skor deviasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, hasil kegiatan Pencak silat di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang termasuk kategori cukup. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata (mean) hasil nilai kegiatan ekstrakurikuler pencak silat PSHT sebesar 83,35. Nilai mean tersebut terletak pada interval 81,69 – 89,005 termasuk dalam kategori “cukup”. Kedua, Kedisiplinan siswa di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang termasuk kategori cukup. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata (mean) hasil angket tentang kedisiplinan siswa sebesar 81,85. Nilai mean tersebut terletak pada interval 77,73-85,97 termasuk dalam kategori “cukup”. Pengaruh variabel kegiatan ekstra kurikuler Pencak silat PSHT (X) terhadap kedisiplinan siswa di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang, hal ini dibuktikan dengan: Untuk variabel X terhadap Y Persamaan regresi Ŷ= -11,5+ 1,12X, dan varians garis regresi Freg= 56,80 > Ftabel = 8,10 berarti signifikan, dan Freg= 56,80 > Ftabel = 4,35 berarti signifikan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kegiatan ekstra kurikuler pencak silat terhadap kedisiplinan siswa di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kegiatan ekstra kurikuler pencak silat terhadap kedisiplinan siswa di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang. Dengan melihat hasil penelitian diatas, diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan rujukan bagi semua pihak, terutama bagi lembaga madrasah.