Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang bagaimana upaya yang dilakukan sekolah dalam rangka membentuk dan menanamkan nilai-nilai akhlak melalui mata pelajaran pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) siswa di MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimanakah proses penanaman nilai-nilai akhlak melaui mata pelajaran pencak silat persaudaraan setia hat iterate (PSHT) di MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang; (2) Bagaimana dampak dari mata pelajaran pencak silat terhadap akhlak siswa di MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang? Penanaman nilai-nilai akhlak melalui mata pelajaran pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) tersebut dibahas melalui studi lapangan yang akan dilaksanakan di MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Lemabaga madrasah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan gambaran tentang penanaman nilai-nilai akhlak melalui mata pelajaran pencak silat tersebut. Datanya diperoleh melalui cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis deskriptif, yaitu, metode analisis data yang berupa kata-kata, gambar dan bukan angka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencak silat selain berkonsentrasi pada pembinaan akhlak dan jasmani juga dapat digunakan sebagai pembinaan kejiwaan, keberagamaan dan sikap sosial. Pencak silat persaudaraan setia hat iterate (PSHT) memiliki lima aspek yang disebut "panca dasar" yakni 1. Persaudaraan 2. Olahraga, 3. Bela diri, 4. Kesenian dan 5. keruhanian. Dari aspek tersebut diharapkan dapat membentuk sikap pemberani, percaya diri, tanggung jawab, rendah hati dan pantang menyerah.