Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang ada tidaknya perbedaan sikap belajar dalam Pendidikan Agama Islam antara siswa yang berasal dari SD islam dengan yang berasal dari SD Umum di SMP H. Isriati Semarang 2015/2016. Dalam keseluruhan proses belajar mengajar terjadi interaksi berbagai komponen dan saling mempengaruhi, interaksi komponen tersebut adalah interaksi antara guru dengan siswa. Guru memberikan rangsangan kepada siswa untuk belajar dan siswa merespon dengan sikap, sehingga terjadi timbal balik antar komponen. Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan tersebut maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana sikap belajar siswa yang berasal dari SD Islam dalam proses belajar mengajar pendidikan agama Islam di SMP H. Isriati Semarang? (2) Bagaimana sikap belajar siswa yang berasal dari SD Umum dalam proses belajar mengajar pendidikan agama Islam di SMP H. Isriati Semarang? (3) Apakah ada faktor yang mempengaruhi sikap belajar siswa antara siswa yang berasal dari SD Islam dan SD Umum dalam proses belajar mengajar pendidikan agama Islam di SMP H. Isriati Semarang? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMP H. Isriati Semarang, SMP H. Isriati Semarang merupakan salah satu sekolah menengah pertama yang berazazkan Islam di kota Semarang. Siswanya juga berasal dari latar belakang pendidikan dasar Islam dan pendidikan umum ketika masih berada di pendidikan dasar. Untuk memperoleh sumber data dilaksanakan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Semua data dianalisis dengan pendekatan psikologi dan analisis deskriptif.