Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang korelasi antara persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru dengan kecerdasan emosional siswa di kelas V di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru dengan kecerdasan emosional siswakelas V di Mi Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V dengan jumlah siswa 28 orang, karena populasi kurang dari 100, maka seluruh peserta didik dijadikan sampel. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif, penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasiproduct moment. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: terdapat hubungan positif antara variabel X dan Y, hubungan antara variabel X dan Y cukup kuat, ditunjukkan oleh koefisien korelasi r_xy = 0,466, dan nilai signifikasi yang diperoleh yaitu membandingkan nilai r_xy dengan r_tabelpada taraf signifikansi 5 %, dengan jumlah responden 28 maka didapatkan r_tabel sebesar 0,388, dengan demikian harga r_xy = 0,466 > r tabel 0,388, sehinggga ada hubungan yang signifikan anatara persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru dengan kecerdasan emosional siswa. Pada perhitungan t_h sebesar 2,687 yang dikonsultasikan dengan t_t pada taraf 5% sebesar 2,056, dengan t_h 2,687 >t_t 2,056 , maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan “ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru dengan kecerdasan emosional siswa kelas V di MI DarulUlumWates Ngaliyan Semarang”.