Strategi pemasaran produk Simpanan Sukarela Berjangka (Sisuka) di BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Tegal Kota
Daftar Isi:
- BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Tegal Kota yang terletak di Jl. Kapten Sudibyo No. 234 03/03 Debong Lor, merupakan salah satu lembaga keuangan syariah yang berada di Tegal. Produk Simpanan Sukarela Berjangka dirancang sebagai sarana investasi jangka panjang yang aman dalam menyimpan dana untuk masa depannya. Produk ini didasarkan atas akad Mudharabah berjangka, dimana anggota dapat menentukan jangka waktu yang dikehendaki dan atas investasi ini anggota berhak atas bagi hasil sesuai nisbah yang disepakati. Penelitian ini berpijak pada pokok permasalahan; Pertama bagaimana produk simpanan sukarela berjangka, Kedua strategi pemasaran produk simpanan sukarela berjangka di BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Tegal Kota. Penelitian yang digunakan oleh peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dalam metode kualitatif ini penelitian dilakukan dengan penelitian lapangan. Penelitian lapangan merupakan studi mendalam mengenahi unit sosial tertentu, yang hasil penelitian ini memberikan gambaran luas dan mendalam mengenai unit sosial tertentu. Penelitian kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa simpanan sukarela berjangka adalah produk simpanan yang dirancang sebagai sarana investasi jangka panjang yang aman menggunakan prinsip mudharabah, dengan bagi hasil yang kompetitif. Untuk karakteristik SISUKA itu sendiri adalah jenis simpanan yang dapat diambil pada saat jatuh tempo serta dapat dijadikan jaminan pembiayaan di BMT Bina Ummat Sejahtera. Dana dari mitra akan disalurkan pada berbagai macam usaha halal dan produktif guna mendukung peningkatan ekonomi umat. Setoran awal minimal Rp. 1.000.000 dan penyetorannya dilakukan sekali dan penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu atau tanggal jatuh tempo menurut perjanjian antara deposan dengan BMT. Strategi pemasaran yang dilakukan BMT Bina Ummat Sejahtera dalam memasarkan simpanan sukarela berjangka yaitu dengan: Strategi produk dengan cara menentukan motto, menciptakan merk yang mudah diingat, terkesan modern, dan memiliki arti yang positif. Strategi harga ditentukan berdasarkan bentuk atau ukuran produk dan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh masing-masing produk. Strategi tempat dalam upaya BMT melayani konsumen tepat waktu dan tepat sasaran, petugas BMT langsung mendatangi nasabah dirumah-rumah atau ditempat mereka berusaha atau dengan sistem jemput bola. Strategi promosi dengan cara melalui brosur, promosi penjualan.