Daftar Isi:
  • BMT Walisongo Mijen merupakan salah satu lembaga keuangan non bank yang saat ini berkembang sangat pesat dikalangan masyarakat yang kegiatannya lebih berpusat pada kegiatan perbankan bagi masyarakat ekonomi kebawah dan para pedagang. Lambat laun semakin banyak bermunculan lembaga-lembaga sejenis yang juga menawarkan produk-produk yang sama sehigga persaingan untuk merebut hati nasabah semakin ketat. Untuk tetap mempertahankan keloyalan para nasabahnya maka BMT harus berupaya semaksimal mungkin untuk selalu memberikan pelayanan yang memuaskanuntuk setiap nasabahnya agar nasabah juga merasa puas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan nasabah di BMT Walisongo Mijen Semarang. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian lapangan yaitu dimana sumber data primer maupun sekunder didapat dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dengan pihak-pihak yang terkait. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis dan akurat mengenai objek penelitian tersebut. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa ada faktor-faktor kepuasan nasabah yang dapat diperoleh nasabah di BMT Walisongo, faktor tersebut diantaranya adalah faktor produk, fasilitas, kemudahan pelayanan dan kepercayaan. Diharapkan BMT Walisongo tetap dapat memberian pelayanan yang memuaskan bagi nasabah, kemudahan dalam melakukan transaksi, membangun kepercayaan nasabah terhadap BMT Walisongo karena hal-hal tersebut dapat meningkatkan kepuasan dan keloyalan nasabahnya yang nantinya berdampak positif terhadap kelangsungan BMT Walisongo kedepannya.